Bentuk Kaki Anda Lebih Kuat dan Mengagumkan dengan Dumbbell

Meski masih dalam kelompok otot besar, namun kaki sepertinya masih kalah populer dibanding otot dada, bahu, atau punggung.

Banyak fitnes mania yang berlomba-lomba untuk memiliki bentuk tubuh bagian atas seperti dada, punggung, atau perut. Padahal, bagian bawah tubuh seperti kaki juga sangat penting untuk dilatih.

Entah goal Anda adalah ingin menurunkan berat badan, mengencangkan tubuh, atau membentuk tubuh berotot, melatih kaki juga sangat penting untuk Anda lakukan.

Dengan Kaki yang Kuat, Mobilitas Tubuh Anda Semakin Mudah

Kaki2

Memang, otot kaki mungkin masih kalah populer dibanding dengan fitnes mania yang ingin menonjolkan otot perut sixpacknya.

Sangat banyak fitnes mania yang ingin memiliki perut sixpack atau lengan yang kekar dan berotot. Sementara mungkin masih sedikit terdengar mereka yang ingin melatih otot kaki.

Kini saatnya untuk mengubah anggapan tersebut. Otot kaki juga sangatlah penting bagi kekuatan tubuh Anda saat beraktivitas sehari-hari. Bahkan, perannya pun sangat vital untuk mempermudah segala kegiatan Anda. Termasuk juga ketika latihan.

Baca Juga: Jangan Lupakan Otot Kaki Anda!

Dengan pondasi tubuh yang kuat, maka segala aktivitas dan juga latihan akan dapat dengan mudah Anda lakukan.

Berikut ini beberapa gerakan latihan dengan dumbbell untuk membantu memperkuat otot kaki Anda.

#1. Goblet Squat

KakiGoblet

Squat adalah cara terbaik dan paling populer untuk melatih otot kaki Anda.

Dan goblet squat merupakan salah satu variasi squat yang dapat Anda lakukan, terutama bagi Anda yang baru pemula dalam melakukan squat.

Goblet squat adalah menahan berat beban sambil melakukan squat. Dengan menahan beban di depan dada sambil melakukan squat dapat membuat tantangan yang berbeda.

Selain otot kaki, goblet squat juga bekerja pada otot perut Anda.

Rekomendasi latihan: 3 set 8 repetisi dengan berat dumbbell semampu Anda

#2. Dumbbell Deadlift

KakiDumbbellDeadlift

Setelah squat, latihan yang populer untuk melatih otot tubuh bagian bawah seperti kaki adalah deadlift.

Ada begitu banyak variasi deadlift yang dapat Anda lakukan. Tidak hanya bekerja untuk otot kaki, deadlift juga dapat melatih beragam otot lin seperti glutes, otot inti (core muscle), dan punggung bagian atas. [Baca Juga: 15 Menit Banjir Keringat dengan Latihan Dumbbell]

Rekomendasi latihan: 3 set 8 repetisi dengan berat dumbbell semampu Anda

#3. Bulgarian Split Squat

KakiBulgarian

Salah satu variasi squat lain yang layak untuk dilakukan adalah bulgarian split squat. Latihan ini merupakan salah satu latihan sederhana untuk keseimbangan dan juga kekuatan kaki dan paha.

Jika Anda baru pertama atau baru memulai gerakan latihan ini, mungkin Anda akan kesulitan menyeimbangkan tubuh Anda. Namun percayalah, jika Anda rutin berlatih maka perlahan-lahan Anda akan melakukannya dengan sempurna. Dan manfaat yang didapatpun akhirnya maksimal.

Rekomendasi latihan: 3 set 10-12 repetisi tiap sisi dengan berat dumbbell semampu Anda

#4. Single Leg Romanian Deadlift

KakiSingleLeg

Hampir sama dengan bulgarian split squat, gerakan latihan ini juga melatih satu kaki. Selain kekuatan, single leg deadlift juga dapat melatih keseimbangan Anda.

Latihan ini sendiri lebih fokus pada kekuatan otot paha (quads). Namun otot lain seperti hamstring dan glutes juga menjadi target dari latihan ini.

Rekomendasi latihan: 3 set 10-15 repetisi tiap sisi dengan berat dumbbell semampu Anda.

#5. Dumbbell Walking Lunges

KakiWalkingLunges

Seorang profesor dari Rutgers University, Shawn Arent mengatakan bahwa gerakan ini (walking lunges) merupakan latihan yang menantang untuk mengakhiri sesi latihan kaki Anda.

Latihan walking lunges ini efektif untuk membuat otot paha (quads) dan glutes Anda merasa terbakar.

Rekomendasi latihan: 3 set 15-20 repetisi dengan berat dumbbell semampu Anda.

>> Bentuk Kaki yang Kuat dan Seksi dengan Cara Mudah <<

Ledakkan Energi Anda untuk Latihan Kaki Lebih Maksimal

Kaki3

Untuk melatih otot kaki Anda maka diperlukan latihan yang maksimal untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu caranya adalah dengan menjaga tubuh tetap berenergi selama latihan.

Ya, menjaga asupan nutrisi adalah cara terbaik agar tubuh Anda tetap berenergi selama latihan. Apabila tubuh Anda dalam keadaan prima karena pasoka energi terpenuhi, maka latihan akan dapat dilakukan dengan intens dan maksimal.
Apabila asupan nutrisi dari makanan sehari-hari tidak mencukupi, Anda dapat menambahkan suplemen untuk menambah power dan stamina tubuh Anda ketika latihan.

Note: Dengan energi yang mumpuni maka latihan untuk melatih dan meningkatkan kekuatan otot kaki akan berjalan lebih optimal. Sehingga, hasil yang didapat juga akan bisa maksimal sesuai dengan hasil kerja keras latihan Anda >> Creatine Monohydrate dari Ultimate Nutrition

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes