istirahat setelah latihan

Berapa Lama Istirahat yang Ideal Setelah Latihan?

Sudah umum diketahui bahwa tubuh memerlukan waktu istirahat setelah ‘dipaksa’ bekerja keras saat latihan. Namun berapa waktu yang ideal untuk istirahat?

istirahat setelah latihan

Latihan menjadi kunci utama untuk program pembentukan tubuh agar kuat dan berotot, terutama latihan beban. Latihan terbukti sangat efektif untuk membantu program pembentukan tubuh. Selain untuk membentuk tubuh lebih berotot, dengan rutin berlatih juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Tidak sedikit yang memulai program fitnes setelah melihat tokoh idola atau seseorang dengan postur tubuh yang menawan. Karena dengan postur yang menawan tentunya akan sangat berpengaruh pada penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Dengan begitu, seseorang akan semakin bersemangat dalam berlatih.

Saking semangatnya dalam latihan karena terobsesi sang idola, salah satu hal penting mungkin bisa diabaikan, ISTIRAHAT. Ya, selain latihan, pola makan, dan suplementasi, faktor penting lainnya untuk pembentukan otot tubuh adalah istirahat. Karena pada masa inilah otot akan pulih dan berkembang.

Apa yang Terjadi Jika Memaksa untuk Terus Berlatih?

istirahat setelah latihan

Lantaran tergoda hasrat untuk segera mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan, seseorang semangat untuk berlatih. Jadwal latihan semakin berlebihan dan sedikit waktu istirahat. Jika terjadi demikian, itu bisa membuat latihan yang dilakukan menjadi sia-sia. Kenapa? Karena bisa membuat overtraining atau kelelahan.

Overtraining identik dengan kelelahan fisik maupun mental akibat latihan yang berat dalam jangka waktu panjang. Tentunya, jika tubuh mengalami overtraining akan membawa sejumlah efek negatif yang tentunya bisa merugikan bagi kebugaran tubuh. Seperti performa menurun, tekanan darah tinggi, daya tahan tubuh menurun, tidur terganggu, serta banyak lagi.

Sangat Penting Bagi Tubuh Berisitrahat Setelah Latihan

istirahat setelah latihan

Latihan beban merupakan cara jitu untuk membentuk tubuh menjadi lebih sehat dan ideal. Setelah melakukan latihan beban, serat otot akan mengalami kerusakan dan bisa menimbulkan rasa nyeri (DOMS/ Delayed Onset Muscle Soreness). Baca di sini >> Bagaimana Cara Meredakan Nyeri Otot Pasca Latihan?

Karena itulah diperlukan waktu bagi tubuh untuk istirahat. Pada masa ini, otot akan merekontruksi atau pemulihan agar menjadi lebih besar dan kuat. Ya, keuntungan bagi otot bukan dirasakan ketika seseorang berlatih di gym, melainkan dalam periode istirahat.

1. Berapa Lama Waktu untuk Istirahat?

Karena istirahat memang sangat penting, pertanyaan selanjutnya adalah berapa lama waktu yang tepat untuk masa istirahat? [Baca Juga: Istirahat/ Recovery Antara Sesi Latihan]

Waktu istirahat sebaiknya satu hingga dua hari dalam satu minggu untuk pemulihan otot dan mencegah cedera. Dan beberapa trainier menyarankan untuk berisitrahat dua hingga tiga hari bagi pemula. Dan dalam waktu istirahat tersebut, disarankan untuk mendapatkan tidur selama delapan jam per hari agar tubuh cepat pulih.

2. Istirahat Bukan Berarti untuk Bermalas-Malasan

Meski disarankan untuk beristirahat, namun bukan berarti membiarkan otot isitrahat total. Sebuah studi menyebutkan bahwa latihan dengan intensitas yang lebih ringan dianjurkan untuk meningkatkan relaksasi otot. Seperti berenang atau berjalan-jalan.

Ingat, bahwa pemulihan tidak harus selalu duduk menghabiskan waktu, atau tidur seharian. Beberapa latihan ringan seperti yoga, jogging, pilates, atau berenang dapat meningkatkan massa pemulihan otot Anda. Namun tetap pastikan terlebih dahulu kondisi kebugaran tubuh Anda.

3. Yang Juga Wajib Diperhatikan Adalah Asupan Nutrisi

istirahat setelah latihan

Cara lain adalah dengan memperhatikan nutrisi pasca latihan. Kecukupan nutrisi sangat penting untuk menunjang latihan yang dilakukan. Selain dapat membuat overtraining, kekurangan asupan nutrisi bisa mempengaruhi berat badan serta performa latihan Anda selanjutnya. Terutama protein.

Protein sangat penting bagi otot terutama setelah latihan. Protein merupakan makanan terbaik bagi otot setelah berlatih sekaligus untuk mempercepat proses pemulihan. Setelah latihan intens, tubuh akan memasuki masa katabolik atau pemecahan otot menjadi energi. Jika tidak ingin ini terjadi, maka kecukupan asupan protein sangat penting untuk mengembalikan tubuh pada fase anabolik (pembentukan otot).

Untuk memaksimalkan pertumbuhan dan pemulihan otot, maka diperlukan proses peningkatan sintesis protein. Cara terbaiknya adalah melalui makanan, camilan, atau protein shake. Juga bisa mengonsumsi suplemen seperti Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition yang mengandung protein berkualitas tinggi untuk membentuk, mempercepat proses pemulihan, serta mencegah penyusutan otot.

Faktor Lain untuk Menentukan Waktu Istirahat

istirahat setelah latihan

Meski demikian, ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan berapa lama waktu istirahat. Seperti faktor usia di mana usia yang semakin bertambah mungkin pemulihan dan pertumbuhan otot akan melambat. Faktor lainnya seperti seberapa sering latihan atau durasi latihan.

Intinya, jangan takut untuk tetap melakukan latihan rutin. Asalkan kenali tanda-tanda bahwa tubuh perlu istirahat agar pemulihan dan pertumbuhan otot berjalan maksimal. Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: Bangun Kekuatan Otot dengan Teknik Simpel Ini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes