Cara-Meningkatkan-Pertumbuhan-Otot

3 Cara Meningkatkan Pertumbuhan Otot

Cara Meningkatkan perumbuhan otot harus Anda ketahui, Bagaimana proses serta cara meningkatkan pertumbuhan otot tubuh Anda? Berikut ini adalah detail yang sebaiknya perlu Anda ketahui.

Jika Anda sudah mulai berlatih angkat beban di gym, pastinya tidak hanya ingin untuk mengusir lemak berlebih dalam tubuh, tapi juga ingin meningkatkan massa otot. Betul?

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai mekanisme bagaimana cara otot tumbuh. Selain itu, jug akan dibahas mengenai mengapa wanita yang sudah latihan ekstra keras juga tidak memiliki pertumbuhan otot sebesar kaum pria?

Dalam tubuh manusia sejatinya ada banyak sekali jenis otot. Salah satunya adalah otot jantung. Namun yang menjadi fokus kita kali ini adalah membahas tentang otot rangka (skeletal muscle). Otot rangka terdiri dari benang seperti myofibril dan sarcomeres yang membentuk serat otot dan merupakan dasar dari kontraksi.

Kurang lebih teradapat 650 otot rangka dalam tubuh manusia ketika menerima sinyal dari neuron motorik yang dipicu dari sel yang disebut retikulum sarkoplasma.

Neuron motorik ini memberitahu otot Anda untuk berkontraksi dan semakin baik secara bertahap. Akibatnya adalah otot tubuh Anda menjadi lebih kuat dari hari ke hari.

Mungkin beberapa dari Anda pernah melihat seorang lifter atau atlet angkat besi, mampu mengangkat beban yang sangat berat namun tidak terlihat sangat berotot. Hal ini dikarenakan kemampuan mereka untuk mengaktifkan neuron motorik tersebut dan mengontraksi otot dengan lebih baik.

Inilah mengapa beberapa lifter dapat relatif lebih kecil struktur tubuhnya dibandingkan dengan atlet binaragawan. Namun, hasil angkatan bisa signifikan lebih banyak seorang atlet angkat besi.

Proses ini (neuron motorik) yang menjelaskan mengapa setelah latihan dengan gerakan tertentu akan lebih mudah untuk dilakukan. Atau keuntungan besar bisa Anda dapatkan saat Anda pertama kali mulai mengangkat beban.

Pertumbuhan Otot Secara Fisiologis

Cara-Meningkatkan-Pertumbuhan-Otot
Cara-Meningkatkan-Pertumbuhan-Otot

Setelah latihan, tubuh Anda akan memperbaiki atau mengganti serat otot yang rusak melalui proses seluler dimana menyatukan serabut otot untuk membentuk protein otot baru atau myofibril. Peningkatan myofibril yang diperbaiki ini meningkatkan ketebalan dan jumlahnya untuk menciptakan hipertrofi otot.

Pertumbuhan otot akan terjadi apabila tingkat sintesis protein otot lebih besar daripada tingkat kerusakan protein otot. Proses adaptasi ini tidak akan terjadi ketika Anda sedang berlatih. Sebaliknya, proses ini akan terjadi pada saat Anda beristirahat.

Karena itulah, latihan tidak harus selalu dilakukan dengan keras untuk mendapatkan pertumbuhan otot yang maksimal. Akan tetapi juga berlatihlah dengan cerdas, yaitu memiliki waktu istirahat yang cukup.

Lalu apakah Anda benar-benar telah menambahkan otot ke dalam sel otot Anda? Disinilah sel-sel satelit masuk dan bertindak seperti sel induk untuk otot Anda. Ketika diaktifkan, mereka akan membantu menambahkan lebih banyak nukleus ke dalam sel otot dan berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan myofibril (sel otot).

Menurut catatan yang dilansir BuliltLean.com, terdapat salah satu studi yang menarik dalam 5 tahun terakhir. Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa mereka yang sangat responsif terhadap pertumbuhan otot dengan hipertrofi myofiber sebesar 58% dalam berlatih, memiliki 23% aktivasi sel satelit mereka. Sementara yang ‘tidak’ responsif dengan pertumbuhan otot sebesar 28%, hanya memiliki aktivasi sel satelit sebesar 19%.

Karena itulah, semakin Anda bisa mengaktifkan sel satelit ini, maka pertumbuhan otot tubuh Anda juga akan semakin cepat. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara mengaktifkan sel satelit ini untuk meningkatkan pertumbuhan otot?

3 Mekanisme Dasar Cara Meningkatkan Pertumbuhan Otot

cara meningkatkan pertumbuhan otot

Prinsip dasar sebagai cara meningkatkan pertumbuhan otot adalah kemampuan tubuh untuk terus memberi tekanan yang lebih pada otot. Tekanan atau stres ini adalah komponen utama yang terlibat dalam pertumbuhan otot. Tekanan inilah yang menyebabkan adanya tiga mekanisme dalam pertumbuhan otot, yaitu:

1. Muscle Tension atau Ketegangan Otot

Untuk menghasilkan pertumbuhan otot, Anda harus menerapkan tekanan yang lebih besar dari sebelumnya yang sudah beradaptasi dengan tubuh Anda. Misalnya, jika sebelumnya Anda terbiasa mengangkat beban seberat 5 kilogram, maka secara bertahap naikan hingga seberat mungkin semampu Anda.

Ketegangan tambahan pada otot ini akan membantu memberikan perubahan kimiawi pada otot seperti aktivasi MTOR dan aktivasi sel satelit.

2. Kerusakan Otot

Jika Anda pernah merasa nyeri setelah latihan, maka hal itu bisa dikatakan adalah proses merusak otot. Kerusakan otot ini menyebabkan pelepasan molekul inflamasi dan sel sistem kekebalan yang mengaktifkan sel satelit untuk bereaksi.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus merasakan nyeri agar proses tersebut terjadi. Akan tetapi kerusakan yang terjadi haruslah ada pada sel otot Anda. Seiring waktu, rasa nyeri yang dialami akan semakin rendah karena pengaruh dari mekanisme lainnya.

3. Metabolic Stress

Jika tubuh Anda merasa terbakar pada saat latihan di gym, berarti Anda merasakan efek stres metabolik. Stres ini menyebabkan pembengkakan sel di sekitar otot, yang berkontribusi pada pertumbuhan otot tanpa harus meningkatkan ukuran sel otot. Ini dari penambahan glikogen otot yang membantu pembengkakan otot seiring dengan pertumbuhan jaringan ikat.

Jenis pertumbuhan ini dikenal dengan hipertrofi sarcoplasmic dan merupakan salah satu cara meningkatkan pertumbuhan otot, terutama dalam segi ukuran bukan kekuatan.

Sekarang Anda telah mengetahui tiga mekanisme utama dalam pertumbuhan otot. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana hormon mempengaruhi pertumbuhan otot?

Bagaimana Peran Hormon dalam Meningkatkan Pertumbuhan Otot?

Cara-Meningkatkan-Pertumbuhan-Otot
Cara-Meningkatkan-Pertumbuhan-Otot

Hormon merupakan komponen lain yang berperan penting dalam pertumbuhan serta perbaikan otot serta mengatur aktivasi sel satelit. Insulin Growth Factor (IGF), khususnya Mecho-Growth Factor (MGF) dan testosteron adalah dua bagian penting dalam proses pertumbuhan otot.

Testosteron adalah hormon utama yang sering menjadi perhatian bagi Anda yang berlatih di gym. Juga, banyak yang beranggapan bahwa hormon ini sangat membantu meningkatkan sintesis protein otot, menghambat pemecahan protein, mengaktifkan sel satelit, serta merangsang hormon anabolik lainnya.

Testosteron juga dapat membantu merangsang respon hormon pertumbuhan dengan meningkatkan neurotransmiter pada lokasi serat otot yang rusak sehingga dapat membantu mengaktifkan pertumbuhan jaringan otot.

IGF mengatur jumlah pertumbuhan massa otot dengan meningkatkan sintesis protein, memfasilitasi pengambilan glukosa (sebagai energi), mempartisi asam amino (blok protein) ke dalam otot rangka, serta mengaktifkan sel satelit.

Mengapa Otot Perlu Istirahat untuk Berkembang?

Cara-Meningkatkan-Pertumbuhan-Otot
Cara-Meningkatkan-Pertumbuhan-Otot

Respon metabolisme protein otot terhadap latihan (resistance training) berlangsung selama 24-48 jam. Dengan demikian, interaksi antara metabolisme protein dan makanan yang dikonsumsi pada periode ini bisa menentukan hipertrofi otot.

Perlu diingat bahwa ada batas tertentu seberapa banyak otot Anda dapat tumbuh. Misalnya dari aspek usia, jenis kelamin, dan genetika. Sebagai contoh pria memiliki lebih banyak hormon testosteron dibanding wanita, sehingga memungkinkan kaum pria untuk membangun otot lebih besar dan kuat.

Tapi Ingat, Cara Meningkatkan Pertumbuhan Otot Tidak Berlangsung Semalam

Memang, tidak sedikit yang berharap dapat meningkatkan pertumbuhan otot secara singkat. Akan tetapi, hal itu tidak akan terjadi pada tubuh Anda secara instan.

Hipertrofi otot memerlukan waktu dan relatif lambat pada banyak orang. Umumnya, pertumbuhan otot ini tidak akan terlihat selama beberapa minggu atau bahkan bulan setelah memulai latihan. Ini tidak lain karena kemampuan sistem saraf Anda untuk mengaktifkan otot.

Selain itu, genetika masing-masing orang berbeda, baik secara hormonal, jenis dan jumlah serat otot, atau aktivasi sel satelit yang mana semuanya dapat membatasi pertumbuhan otot.

Untuk memastikan bahwa Anda telah melakukan yang terbaik sebagai cara meningkatkan pertumbuhan otot, sintesis protein harus melebihi pemecahan protein dalam otot. Artinya, Anda DIHARUSKAN mengonsumsi sumber protein yang cukup tinggi (terutama Asam Amino Esensial) dan juga karbohidrat untuk membantu proses tersebut berjalan dengan baik.

Pertumbuhan otot yang terlihat dan perubahan fisik yang nyata dalam struktur otot tubuh Anda memang sangat bisa untuk memicu motivasi Anda. Namun sebelum itu, akan lebih baik juga untuk memahami proses serta cara meningkatkan pertumbuhan otot dengan cukup detail.

Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes