cara menjaga tubuh agar tetap sehat

Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Selama 2018

Bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap sehat di tahun yang baru ini? Berikut ini beberapa tips terbaik yang bisa Anda lakukan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Tahun 2017 baru saja berlalu dan diganti dengan tahun 2018 yang masih berjalan beberapa hari.

Sekarang ini adalah momen yang cukup sempurna bagi Anda untuk membuat resolusi kebugaran atau fitnes selama tahun 2018. Masih ada 12 bulan ke depan yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya.

Apakah Anda ingin menambah massa otot tubuh? Atau ingin menurunkan berat badan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal? Atau hanya ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat?

Terlepas dari apapun goal Anda di tahun ini, untuk dapat melihat perubahan dan perkembangan secara cepat, maka Anda harus mengubah cara atau pendekatan Anda. Ini mungkin terlihat sederhana. Tapi percayalah bahwa beberapa tips berikut ini akan dapat membantu Anda sebagai cara menjaga tubuh agar tetap sehat.

Selain itu, cara-cara ini akan membantu Anda memaksimalkan waktu 12 bulan yang ada ke depan agar goal fitness Anda segera terwujud.

1. Tetapkan Target Harian Anda

Goal yang cukup komprehensif atau besar memang diperlukan. Namun itu adalah target dalam jangka panjang. Jika Anda menempatkannya di awal tahun seperti sekarang, Anda dapat melupakannya di bulan-bulan berikutnya.

Kenapa? Karena tujuan yang lebih besar sangat banyak yang perlu dilakukan akibatnya Anda melakukannya bisa menjadi tidak terkontrol. Dan ini lebih cenderung mengarah kegagalan daripada kesuksesan.

Untuk mengatasinya dan guna menjaga semangat serta motivasi Anda, ada baiknya untuk memiliki goal fitnes dalam skala yang lebih kecil atau harian. Artinya, Anda menargetkan apa saja yang ingin Anda capai setiap harinya.

Buatlah perubahan kecil dan tetapkan goal setiap hari guna mendapatkan goal fitness dalam jangka panjang.

Dengan fokus pada apa yang Anda dapat capai setiap harinya, akan membuat Anda lebih konsisten untuk mewujudkan goal fitness dalam jangka panjang serta membuat Anda terus termotivasi.

2. Tetapkan Goal Fitness Jangka Menengah

cara menjaga tubuh agar tetap sehat

Sembari tetap membuat goal harian, Anda sangat disarankan untuk membuat tujuan jangka menengah dan terukur dalam beberapa minggu atau bulan. Misalnya, Anda menargetkan untuk menurunkan berat badan sebanyak 20 kilogram pada akhir Juni mendatang. Atau membuat goal berhasil turunkan 10 kilogram berat badan pada bulan Maret.

Menentukan goal fitness yang lebih pendek akan mempermudah Anda untuk tetap fokus pada tujuan.

Idealnya, setiap program harus memiliki tujuan jangka panjang selama 6-12 bulan, jangka pendek dalam beberapa bulan, dan tujuan harian yang lebih kecil. Dengan menetapkan tujuan jangka pendek (dalam beberapa bulan), ini akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk melihat perubahan yang telah terjadi. Harapannya adalah perkembangan tersebut membuat Anda semakin termotivasi menjadi yang lebih baik lagi.

3. Jangan Lupakan Kesehatan

Fokus Anda selama ini mungkin lebih banyak pada bagaimana perubahan bentuk tubuh Anda. Misalnya otot lengan menjadi besar atau meluruhkan lemak berlebih dalam tubuh sebanyak-banyaknya.

Meskipun goal tersebut baik dan memang HARUS Anda lakukan, tapi jika kondisi tubuh tidak sehat juga akan menjadi sia-sia.

Disamping perubahan estetika tubuh, tujuan akhir dari setiap program fitnes adalah mendapatkan kesehatan tubuh yang optimal. Untuk menentukan goal ini, tanyakan pada diri Anda apakah Anda dapat mengidentifikasi kebiasaan Anda yang kurang sehat. Misalnya Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, terlalu banyak mengonsumsi gula tambahan, dan lain-lain.

Mengetahui hal-hal tersebut akan mempermudah Anda sebagai cara menjaga tubuh agar tetap sehat setiap harinya. Misalnya jika Anda terlalu banyak makan gula pada malam hari, maka ke depannya Anda bisa mengubahnya dengan mengonsumsi buah-buahan segar.

Dengan cara ini, juga akan membantu Anda terhindari dari pendekatan atau cara-cara yang ekstrim. Misalnya, apakah diet pengurangan 700 kalori membantu meningkatkan kesehatan Anda? Tentu tidak. Anda akan dapat dengan mudah mengetahuinya.

4. Monitor Apa yang Masuk Dalam Tubuh Anda

Hasil yang bagus tidak datang tanpa kerja keras. Terkadang, pekerjaan tersulit untuk mendapatkan goal fitness Anda bukanlah berlatih angkat beban yang berat saja. Yang terpenting adalah bagaimana kebiasaan Anda untuk secara konsisten mencatat apa yang Anda makan.

Kebanyakan, orang akan lebih cenderung mengabaikan berapa banyak kalori yang mereka konsumsi setiap harinya. Jika tidak dapat melacaknya, bagaimana bisa tahu apa yang Anda butuhkan untuk beradaptasi dengan goal fitness Anda?

Apabila Anda memang sangat serius mengejar goal fitness tersebut, maka lakukanlah dengan baik apa yang Anda kerjakan, baik itu ketika latihan di gym atau pada saat di dapur. Timbang dan ukur semua makanan yang masuk dalam tubuh Anda hingga Anda terbiasa melakukannya. Memang butuh waktu, tapi akan sangat baik mulai dilakukan secara perlahan.

5. Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dengan Memahami Lingkungan

cara menjaga tubuh agar tetap sehat

Bukan hanya kepribadian, goal fitness Anda juga dapat ditentukan oleh faktor lingkungan Anda. Jika Anda berada pada lingkungan yang selalu mendukung aktivitas Anda, maka dukungan tersebut akan menjaga semangat Anda.

Sekarang coba bertanya pada diri Anda sendiri, apakah orang-orang di sekeliling Anda selalu mendukung tujuan Anda? Apakah mereka menunjukkan kebiasaan dan perliku sehat yang sama seperti Anda?

Di gym adalah tempat yang bertemunya banyak orang dan merupakan pilihan bagus untuk bertemu dengan orang-orang yang juga antusias dalam dunia kebugaran dan kesehatan. Jika ada komunitas kecil di sana seperti lomba lari, crossfit, atau semacamnya, silakan bergabung karena dalam kelompok tersebut memiliki tujuan yang hampir sama dengan Anda.

6. Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dari Sang Idola

Di era digital seperti saat ini, tidak sulit untuk menemukan sosok yang Anda idolakan karena memiliki tujuan yang sama dengan Anda. Misalnya, Anda dapat memfollow akun Twitter, Facebook, maupun Instagram.

Dengan mencari dan mengikuti orang yang sesuai dengan goal fitnes Anda, maka akan dengan mudah membantu Anda untuk tetap fokus mengejar target Anda. Ada banyak sekali personal, kelompok, maupun organisasi yang memiliki tujuan sama engan Anda untuk berbagi inspirasi dan motivasi pada follower mereka.

7. Lakukan dengan Rutin

cara menjaga tubuh agar tetap sehat

Hasil yang optimal akan Anda dapat apabila Anda benar-benar melakukannya dengan rutin, mulai dari olahraga, diet, hingga jadwal istirahat. Rutinitas yang Anda bangun dari waktu ke waktu ini akan membantu percepat goal fitness Anda.

Bukan hanya latihan maupun diet yang rutin untuk dilakukan, melainkan juga kebiasaan lain yang pastinya menyehatkan akan sangat baik bagi program Anda. Jika Anda tidak memiliki rutinitas, maka Anda akan cukup kebingungan seperti latihan apa hari ini, makan apa, suplementasi terbaik apa, dan lain-lain.

Dengan kata lain, rutinitas ini adalah sebagai cara agar program Anda semakin lebih terencana dan matang.

8. Kreatif Membuat Makanan

Bagaimana dengan makanan yang Anda konsumsi tahun lalu? Apakah kadang Anda merasa bosan? Ini adalah wajar ketika Anda mulai menerapkan program diet. Meski begitu, Anda juga tidak dilarang untuk mengonsumsi beberapa makanan lain.

Dan di awal tahun ini bisa Anda jadikan momen yang tepat untuk membuat sesuatu makanan baru yang lebih kreatif.

Berbagai percobaan ini akan membuat Anda lebih fresh. Selera baru dan perubahan ini bisa membuat Anda lebih disiplin dalam melakukan program diet. Ketika sudah berhasil membuat sesuatu yang baru, secara tidak sadar Anda akan menanti waktu yang pas untuk membuat percobaan baru dan lebih kreatif lagi.

Sekali lagi, menikmati proses ini adalah suatu jalan yang baik untuk mewujudkan goal Anda serta cara menjaga tubuh agar tetap sehat selama tahun 2018.

9. Tetap Kejar Target

Artinya, goal Anda pada tahun lalu yang belum tercapai, harus tetap Anda masukkan dalam program tahun ini. Dengan membuat target Anda yang lalu tetap aktif, akan dapat membuat Anda lebih semangat lagi untuk mengejarnya.

Jika dirasa goal tersebut cukup sulit, banyak hal yang bisa Anda lakukan. Seperti bergabung bersama komunitas yang memiliki tujuan yang sama, atau mengikuti tantangan tertentu.

Sama pada poin sebelumnya, bahwa orang-orang dalam komunitas yang sama (tujuannya) akan saling membantu kepada mereka yang belum berhasil mewujudkannya. Dukungan ini akan membuat Anda kembali lebih bersemangat untuk mencapai serta mewujudkan goal fitness Anda.

10. Stay Active

cara menjaga tubuh agar tetap sehat

Tetap aktif dalam menjalani berbagai aktivitas adalah cara terbaik bagi Anda untuk menikmati prosesnya. Aktivitas sederhana pada pagi hari yang cukup baik adalah dengan menggerakkan kaki kanan.

Akan sangat baik jika dilanjutkan dengan bersepeda atau joging selama 15 menit di sekitar rumah Anda. Cara ini akan membantu mempersiapkan mental Anda serta mengatur metabolisme tubuh.

11. Buat Program Latihan yang Baru

Jika Anda telah melakukan latihan yang sama dalam beberapa hari atau beberapa bulan terakhir, maka kini saatnya untuk memulai program latihan yang baru.

Ingat, tubuh Anda menyesuaikan diri (beradaptasi) dengan stimulus yang diberikan secara terus-menerus memberikan rangsangan yang sama berulang-ulang. Akibatnya, perkembangan yang tampak akan menjadi stagnan bahkan menurun.

Untuk mengatasinya, Anda bisa ubah program latihan Anda. Seperti ubah jumlah set atau repetisi, hingga gerakan latihan yang baru. Cara ini juga dapat mendorong Anda secara mental karena dapat mencegah rasa bosan.

Tentang program latihan sebagai cara menjaga tubuh agar tetap sehat, Anda bisa cek di DISINI dan Anda akan temukan program yang sempurna sesuai dengan goal fitness Anda. Stay aktive!!

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes