komposisi tubuh

Ini Dia Perbedaan Komposisi Tubuh Pria dan Wanita

Ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi kemampuan alami tubuh Anda untuk membangun massa otot, tapi ada satu elemen yang biasanya tidak terkendali untuk menjaga Anda tetap bugar. Variasi biologis dalam komposisi tubuh secara signifikan relatif tergantung pada jenis kelamin.

Headline Komposisi tubuh
Variasi biologis inilah yang mempengaruhi massa total lemak di tubuh Anda, dan di mana jaringan lemak secara alami akan disimpan. Meskipun perbedaan independen ada dalam semua individu, memahami bagaimana gender mempengaruhi hasil latihan dapat membantu Anda menyusun strategi untuk kesuksesan di masa depan.

Perbedaan Lemak

Hal ini mungkin tidak mudah dilihat dan dikenali saat Anda sedang berlatih di gym, akan tetapi wanita biasanya memiliki lemak tubuh lebih tinggi dalam persentase dibandingkan pria. Menurut MedicineNet.com, kadar normal kandungan lemak tubuh normal pada wanita adalah 25 persen, akan tetapi pada pria hanyalah 15 persen. Hal ini sebagian besar terjadi karena proses hormon alami. Misalnya, hormon seks wanita (estrogen) meskipun dapat membantu proses alami tubuh dalam mengonversi lemak menjadi energi, tapi hormon tersebut juga dapat meningkatkan kapasitas tubuh untuk menyimpan lemak. Studi ilmiah telah mempromosikan metode yang paling efektif untuk mengurangi penumpukan lemak adalah hanya dengan berolahraga atau berlatih.

Distribusi Lemak Tubuh

Sepintas, mungkin seolah-olah pria lebih rentan terhadap kenaikan lemak daripada wanita, khususnya karena beberapa area yang secara alami menyimpan jaringan lemak di sebagian besar pria. Menurut Marc Perry, seorang ahli kebugaran dan pendiri Built Lean, wanita dapat menyimpan sedikit lemak di daerah perut, tetapi mereka dapat menyimpan lebih pada paha dan otot trisep. Hal ini sangat berbeda pada pria yang memiliki kecenderungan genetik yang lebih tinggi untuk menyimpan lemak di perut mereka. Sangat penting untuk menyadari bahwa lemak tidak dapat dibakar dalam area tertentu di tubuh. Jika tujuan Anda adalah untuk menghilangkan lemak pada perut, Anda perlu menurunkan kadar lemak tubuh secara keseluruhan. Hal ini biasanya dapat dicapai dengan meningkatkan aktivitas jantung dan mengurangi konsumsi kalori. Konsultasikan dengan pelatih atau ahli kebugaran jika Anda memerlukan bantuan untuk membangun program latihan mengurangi lemak yang efektif.

Perbedaan Iklim

Faktanya, komposisi tubuh pria dan wanita dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan tertentu, seperti iklim. Menurut Human Kinetics, wanita yang tinggal di iklim hangat alami, seperti Afrika, sentralisasi kandungan lemak dalam tubuh berada di bagian bokong, sedangkan penduduk asli Mediterania biasanya menumpuk jaringan lemak di pinggul, dan bagi wanita Asia tertentu sentralisasi kandungan lemak dalam tubuh berada di bagian pusar. Metode tubuh mendistribusikan lemak lebih seimbang bagi orang yang berada di daerah beriklim dingin, yang dapat membantu mempertahankan suhu tubuh internal yang diatur selama cuaca musim dingin yang keras.

Perbedaan Fungsi Lemak

Sangat penting untuk diingat bahwa berlatih atau berolahraga lebih penting untuk Anda secara keseluruhan daripada komposisi tubuh Anda. Sangat penting pula untuk menyadari bahwa lemak melaksanakan tugas dan fungsi dasar manusia. Menurut sejarah kesehatan, lemak memberikan jaring pengaman internal tubuh mendapat kelangkaan pangan, dan juga berfungsi untuk membantu wanita pada saat kelahiran. Semua orang yang sehat secara alami menyimpan lemak untuk membantu membantu proses normal tubuh. Lemak sebenarnya hal yang baik. Olahraga atau latihan adalah alat yang bisa Anda gunakan untuk mencegah terlalu banyaknya lemak yang terakumulasi dari seluruh tubuh.

Pengetahuan perbedaan komposisi tubuh ini diharapkan dapat memperluas pandangan Anda terhadap hasil latihan yang sudah atau yang nantinya akan Anda jalani.(mee)

BACA JUGA: Cegah Hipertensi Anak Dengan Rutin Berolahraga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes