Inilah 5 Hal yang Terjadi Jika Anda Berhenti Latihan

Apakah Anda sedang bosan untuk latihan sehingga Anda lebih memilih off?

Atau Anda off karena sedang sakit atau cedera?

Banyak hal yang dapat menyebabkan Anda memilih off dari latihan. Selain bosan atau cedera, bisa jadi Anda off dari latihan karena Anda tidak mendapatkan hasil seperti yang Anda harapkan.

Ingat, semua itu membutuhkan proses, kerja keras, dan kesabaran. Nah, jika belum mendapatkan hasil yang Anda inginkan, Anda jangan mudah putus asa karena semua membutuhkan perjuangan.

Apabila Anda off latihan dan masa istirahat tersebut lama, maka semakin lama pula Anda akan mendapatkan goal fitnes Anda. Kenapa? Karena terlalu lama off dapat membawa efek yang kurang menguntungkan bagi tubuh Anda.

Apa saja itu?

1. Kemampuan Kardiovaskuler Menurun Setelah Satu Minggu Off

cara menurunkan berat badan

Kebugaran aerobik didefinisikan sebagai kemampuan tubuh untuk mendistribusikan dan memanfaatkan oksigen dari darah untuk otot tubuh Anda. Proses ini biasa disebut dengan VO2 max.

Namun, jika Anda tidak aktif olahraga atau latihan selama satu hingga dua minggu, maka VO2 max Anda akan dapat menurun.

Kapasitas fungsional jantung juga akan menurun. Setelah tiga sampai empat minggu Anda berhenti dari latihan rutin, akan terjadi penurunan volume darah sebanyak lima persen dalam 24 jam, dan 20 persen pada minggu ke dua.

>> Kebiasaan yang Sebaiknya Jangan Anda Lakukan Saat Latihan Beban <<

2. Kekuatan Anda Akan Berkurang Setelah Dua Minggu

suplemen untuk nyeri sendiri

Ketika Anda berhenti latihan kekuatan (strenght training) atau latihan beban, maka otot Anda akan mulai terjadi perubahan dalam beberapa hari.

Jika otot Anda tidak mengalami tekanan (saat latihan), maka otot akan mulai kehilangan protein yang diserap ke dalam sirkulasi tubuh Anda dan di ekskresi saat buang air kecil.

Perubahan otot Anda dapat terjadi mulai setelah 72 jam. Dan seperti kebugaran kardiovaskuler, latihan dalam jangka panjang akan menyebabkan hilangnya massa otot lebih lambat daripada mereka yang baru saja memulai untuk berolahraga.

3. Faktor Usia Juga Mempengaruhi Kebugaran Anda

Meningkatkan Daya pulih tubuh

Anda dapat kehilangan kekuatan dan kebugaran tubuh dua kali lebih cepat daripada usia Anda. Hal ini sebagian besar diakibatkan karena pengaruh kadar hormon. Semakin bertambahnya usia, maka tingkat hormon pertumbuhan manusia semakin sulit pulih dan berkembang.

Bukan hanya itu, stres juga berpengaruh pada keseimbangan hormon Anda, terutama hormon kortisol.

Seiring bertambahnya usia, akibat ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan Anda sering merasa kelelahan setelah latihan.

Penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Aging and Physical Activity menyebutkan bahwa atlet maupun fitnes mania yang lebih tua, akan lebih lama pulihnya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kesehatan dan Kebugaran Anda

4. Tingkat Kebugaran Akan Menurun Lebih Cepat Saat Anda Sakit

suplemen untuk nyeri sendiri

Dengan sengaja tidak melakukan latihan dalam beberapa waktu akan dapat menurunkan massa otot dan juga kebugaran kardiovaskuler Anda.

Namun, jika Anda dalam keadaan sakit atau cedera sehingga menunda latihan, maka kerugian tingkat kebugaran bisa dua kali lebih besar.

Stres menghadapi penyakit atau cedera dapat mengakibatkan Anda istirahat terlalu lama. Baik atlet maupun fitnes mania yang absen dari rutinitas latihan, kekuatan tubuhnya akan drop.

Jika mengalami cedera seperti patah tulang atau pasca operasi, maka jadwal istirahat akan menyita banyak waktu dan kemungkinan besar masih harus menunggu 12-24 bulan untuk pulih sepenuhnya.

5. Butuh Waktu Tiga Minggu untuk Mengembalikan Kekuatan Setelah Satu Minggu Off

Karbohidrat

Seorang ahli fisiologi dari Nashville, Tennessee, Irv Rubenstein mengatakan, setelah massa off sekitar seminggu, kemampuan sistem saraf Anda akan menurun saat menjalankan aktivitas seperti sebelum Anda istirahat.

Menurutnya, ini dikarenakan bahwa Anda kehilangan stimulus saraf yang memungkinkan Anda dapat mengangkat beban dengan berat yang sama dengan sebelumnya.

Jika Anda mengangkat beban dengan berat yang sama, Anda dapat melakukannya namun melebihi kemampuan normal. Ini tentunya dapat meningkatkan risiko cedera pada jaringan otot Anda.

So, bagi Anda yang sudah lama off maka sebaiknya segera kembali melakoni latihan rutin untuk mengembalikan, menjaga, serta meningkatkan kekuatan otot tubuh Anda.

Saat kembali berlatih, pastinya Anda membutuhkan tenaga ekstra agar latihan Anda maksimal. Konsumsi suplemen penambah tenaga pasti perlu untuk meningkatkan performa latihan. Dengan mengonsumsi suplemen penambah energi, Anda dapat rasakan lebih bertenaga sehingga latihan Anda bisa intens dan maksimal.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes