fase bulking

Langkah Tepat Optimalkan Fase Bulking

Bulking. Istilah ini seringkali dikaitkan dengan fase di mana Anda harus menambah berat badan dan massa otot sebanyak mungkin. Masalahnya, sebagian besar berat yang Anda dapatkan tidak sepenuhnya otot, melainkan lemak. Membangun otot membutuhkan proses dan waktu. Fase bulking adalah kuncinya.

fase bulking

Fase bulking dirancang untuk membentuk otot dan membuat Anda tetap lean. Ketika kalori mengalami surplus, hormon pembakar lemak seperti T3 dan leptin juga meningkat. Dengan defisit kalori, Anda bisa kehilangan berat badan dengan cepat. Sebuah studi menunjukkan bahwa jika Anda melakukan bulking seperti biasanya, Anda mungkin akan menambah berat badan 4,5 kilogram dalam 8 minggu atau 2,7 kilogram dalam 6 minggu.

Dengan melakukan cutting selama 2 minggu, Anda akan mendapatkan 0,9 kilogram massa otot dan kehilangan banyak lemak. Selama cutting 2 minggu tersebut, sensitivitas hormon seperti insulin Anda akan meningkat. Itu juga akan membuat Anda menjadi lebih prima untuk membentuk otot.

Nah, berikut langkah optimalkan fase bulking untuk mendapatkan massa otot yang maksimal.

#Hitung Kalori

Jika saat ini Anda mengonsumsi 3.500 kalori per hari dan Anda berat badan Anda tidak naik, tambah asupan kalori hingga berat badan Anda naik. Namun jika hanya asal makan justru lemak Anda yang akan naik. Karena itu, Anda harus melacak kalori. Ada banyak situs online untuk membantu Anda melacak kalori. Baca juga artikel lain >> Menghitung Kalori Ketika Berolahraga Tidaklah Penting Untuk Membakar Lemak <<

#Ikuti Porsi

Asupan kalori dan dari mana asalnya, keduanya merupakan faktor kunci. Misalnya, Anda mengonsumsi 3.500 kalori per hari ketika bulking, maka 25 persennya berasal dari protein (875 kalori). Berati kebutuhan protein Anda perhari sebesar 218 gram. 25 persen lain berasal dari lemak atau sekitar 97 gram per hari. Dan 50 persennya berasal dari karbohidrat atau sebanyak 437 gram karbohidrat per hari. Nah, saat cutting, Anda harus mengurangi 1.000 kalori per hari.

#Latihan Kardio

Lakukan latihan kardio 3 kali seminggu saat off season. Latihan kardio akan membantu Anda tetap lean sekaligus sehat dan bugar.

#Pantau Perubahan

Foto tubuh Anda lalu amati. Hal ini akan membantu Anda mengetahui apakah fase bulking Anda bekerja dengan baik atau tidak.

#Eksperimen

Jadikan tubuh Anda sebagai eksperimen kompleks, Anda bermain dengan variabel tertentu untuk melihat hasil yang berbeda yang mungkin Anda dapatkan. Jika diet Anda berhasil, tetap lakukan hingga kompetisi. Hal yang sama juga saat bulking, jika terlihat bagus maka Anda harus menjaga diri Anda tetap surplus. Ingat, kunci utama agar fase bulking dan cutting Anda menjadi optimal adalah konsisten.

Atlet Ultimate Nutrition yang pernah memenangkan NPC National Superheavyweight dengan skor sempurna, Bill Wilmore juga menerapkan fase bulking yang “bersih”. Bagi Wilmore, latihan berat tetap menjadi kunci bulking yang sukses. Wilmore mengatakan bahwa ada 2 perspektif dari sebuah latihan. Yang pertama adalah bagaimana perasaan kita setelah latihan, dan kedua barulah hasil dari latihan kita. Pastikan kita merasa “happy” selama dan setelah latihan, dan jadikan hasil latihan yang kita inginkan terusmemotivasi program latihan dan diet kita.

“You can be big, and you can be ripped, but to be big and ripped—that’s the ultimate!” – Bill Wilmore.

Jangan lupa subscribe DuniaFitnes.com dengan klik Di Sini untuk mendapatkan informasti terbaru seputar fitnes, fatloss, dan kesehatan. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Membentuk Otot Perut Lebih Kencang Dengan Variasi Plank

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes