Latihan dan Diet Ala Usain Bolt

Lari jarak jauh memang sedang tren di Indonesia. Namun jika ditanya, Anda ingin punya tubuh seperti pelari marathon atau sprint? Jawabannya hampir pasti pilihan kedua.

Latihan-dan-Diet-Ala-Usain-Bolt

Salah satu pelari sprint terbaik di dunia adalah Usain Bolt. Tidak seperti umunya pelari sprint yang bertubuh pendek, Bolt bertinggi badan 198 cm. Dengan berat badan 94 kg, otot tubuh Bolt terlihat sangat proporsional dan ideal. Anda ingin bertubuh seperti manusia tercepat di dunia? Berikut adalah pola latihan dan diet ala Usain Bolt.

Kiat Latihan

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa Bolt tidak hanya berlatih fitnes untuk mendukung performanya berlari saja melainkan juga untuk menjaga penampilannya. Bolt kerap berkata bahwa ia ingin tubuhnya terlihat indah di depan wanita.

  • Hindari lari jarak jauh. Bolt tidak pernah berlari jarak jauh untuk mendukung performanya. Jarak terjauh latihan larinya adalah 350 meter, tidak lebih. Bolt juga latihan lari dengan pemberat yang diikat di tubuhnya.
  • Start secepat mungkin dan jangan terburu-buru berdiri tegak. Meski beberapa kali Bolt tertinggal saat start, namun ia selalu menyarankan untuk start secepat mungkin dan secara bertahap mengangkat tubuh sampai tegak lurus hingga jarak 30 meter pertama. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kecepatan tetap tinggi.
  • Latihan kekuatan otot inti. Bolt biasa berlatih hingga satu jam hanya untuk otot perut dan punggungnya selama 3 kali seminggu. Beberapa latihan otot inti yang ia lakukan adalah leg raise, oblique side sweep, reverse crunch, side plank clam, jackknife sit-up, Russian twist with medicine ball, supine knee raise, superman rotation, dan alternating active straight leg raise.
  • Latihan otot bagian bawah. Beberapa foto dan video latihannya, Bolt juga terlihat berlatih rutin otot tubuh bagian bawah yang terdiri atas gerakan pendulum quadruped hip extension, hang clean, leg extension, calf raise, dan standing cable hip flexion. Latihan otot tubuh glute, thigh, leg, dan calf sudah jelas sangat membantu performa berlarinya.
  • Beberapa gerakan latihan lain yang dilakukan Usain Bolt adalah barbell incline bench press, dumbbell alternate bicep curl,barbell hang clean, dan sled work (menarik beban bermuatan plat barbel dengan tali atau mendorong rak bermuatan plat barbel).

Kiat Diet

Bolt sangat terkenal menyukai nugget ayam dari restoran cepat saji. Bahkan Bolt terang-terangan mengakui biasa makan nugget ayam sebelum bertanding. Selain itu, salah satu rahasia diet Bolt adalah makan ubi kuning. Selain rendah kalori, ubi kuning juga kaya vitamin C (untuk pemulihan otot), vitamin B6 (pendongkrak energi), dan potasium (sumber elektrolit). Seperti yang sudah diketahui beberapa pelari sprint memilih pisang sebagai sumber potasium untuk pengganti elektrolit tubuh,namun Bolt lebih memilih ubi kuning.

  • Sarapan: campuran buah Ackee dan ikan asin (makanan khas Jamaika), kue bola (terbuat dari tepung, susu, mentega, dan air), dan ubi kuning kukus.
  • Makan siang: dada ayam panggang atau tuna panggang dengan nasi beras coklat atau roti gandum utuh atau pasta.
  • Makan malam: ayam panggang dengan kacang polong dan nasi beras coklat.

Selamat mencoba dan berlari! (aan)

BACA JUGA : Rahasia Tubuh Ideal ala Justin Timberlake

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes