tips memiliki body ideal

Miliki Body Ideal nan Sehat Bukan Hanya Mimpi!

Memiliki bentuk tubuh yang ramping, ideal, sekaligus sehat adalah idaman banyak orang. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan serta latihan yang simple untuk membantu mewujudkannya.

tips memiliki body ideal

Dengan dalih sibuk bekerja, banyak orang yang melewatkan olahraga atau latihan. Padahal, latihan tidak mengharuskan dilakukan di fitnes center. Latihan bisa dilakukan disekitar rumah, atau bahkan di dalam rumah.

Tak hanya latihan, beberapa hal penting lain juga perlu diperhatikan untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal dan juga sehat.

tips memiliki body ideal

“Tertawa selama satu menit bisa setara dengan relaksasi selama 40 menit. Sementara tertawa 100 kali sama seperti mendayung selama 10 menit”

1. Angkat beban

Latihan beban lebih efektif daripada kardio untuk menurunkan berat badan, terutama seiring dengan bertambahnya usia. Latihan beban bukan berarti harus melakukan latihan seperti bench press atau bicep curl. Latihan apapun yang menekan otot-otot dianggap sebagai strenght training. Latihan bodyweight (latihan yang menggunakan berat badan sebagai beban) seperti push up, squat, atau lunge juga bisa Anda lakukan. Untuk menambah kekuatan, Anda bisa menambahkan alat yang simple dan sudah umum seperti dumbbell atau barbells.

2. Latihan kardio

Latihan kardio dapat menjadikan Anda lebih sehat karena bekerja pada jantung, sistem pernapasan, dan juga membakar kalori. Tentu, selain menurunkan berat badan, latihan kardio sangat dianjurkan karena memberikan banyak manfaat kesehatan.

3. michael kors ava kors ankle boots Latihan fleksibilitas

Latihan fleksibilitas seperti yoga, dynamic stretching, atau static stretching akan membantu mobilitas Anda. Latihan ini penting dilakukan untuk meningkatkan fleksibilatas dan mengurangi risiko cedera.

>> Posisi Yoga Untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh <<

4. Nutrisi

Selain melakukan latihan, asupan nutrisi juga merupakan poin penting. Telah banyak orang yang melakukan latihan di gym namun belum mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini dikarenakan asupan gizi yang kurang, akibatnya diet pun gagal. Untuk itu, penting menghindari makanan yang tidak segar, makanan cepat saji, dan alkohol. Jika sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan juga tidak aktif, bukan tidak mungkin tiga penyakit besar akan datang, yakni jantung, diabetes, dan kanker. Karena itu, konsumsilah makanan yang sehat mulai dari sekarang!

5. Suplemen

Suplemen digunakan sebagai pendukung latihan dan diet Anda. Jika telah melakukan latihan namun asupan nutrisi kurang, Anda bisa menambahkan suplemen yang dibutuhkan untuk mencapai goal. Salah satunya adalah protein. Jika kurang asupan protein, Anda dapat menambahkan suplemen seperti Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition yang membantu mempercepat proses pemulihan dan mencegah penyusutan otot.

6. moncler jacket acorus Tidur

Ketika Anda tidur, tubuh akan memproduksi hormon yang tidak Anda dapatkan pada siang hari, serta memperbaiki kerusakan jaringan (otot) saat latihan. Kurang tidur akan mereduksi energi Anda dan bisa menimbulkan stres. Banyak cara untuk mendapatkan tidur berkualitas, seperti dengan menghindari cahaya dari ponsel, atau mematikan TV sebelum tidur. Dalam jurnal Scientific Reports menunjukkan, orang yang kurang tidur mengonsumsi kalori dari lemak lebih banyak daripada kalori dari karbohidrat. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang ingin makan makanan yang berlemak dan berpotensi meningkatkan berat badan.

7. Tertawa

Dengan tertawa dapat membuat Anda lebih sehat. Hal ini seperti yang diungkap Dr William Fry dari Stanford Medical School. Dalam studinya, ia mengatakan bahwa tertawa selama satu menit bisa setara dengan relaksasi selama 40 menit. Sementara tertawa 100 kali sama seperti mendayung selama 10 menit. Dijelaskannya, tertawa dapat menghasilkan hormon endorfin yang membantu meringankan gejala nyeri seperti nyeri sendi, sakit kepala, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu melancarkan pencernaan.

#Latihan simple agar tubuh lebih ramping

Tanpa olahraga atau latihan bukan tidak mungkin rencana Anda untuk mendapatkan tubuh yang ideal, ramping, dan sehat akan sia-sia. Latihan merupakan faktor utama untuk mewujudkan rencana tersebut.

Berikut ini beberapa variasi latihan simple yang melibatkan banyak otot untuk mengusir lemak berlebih sekaligus menyehatkan.

1. Burpee

tips memiliki body ideal

Tahap pelaksanaan
– Berdiri tegap dengan kaki selebar bahu
– Turunkan tubuh hingga kedua telapak tangan Anda menapak di lantai dengan lutut menekuk
– Tarik kedua kaki ke belakang hingga posisi push-up
– Lakukan push-up kemudian melompat

2. Mountain Climber

monster beats audio beats adidas com/wp-content/uploads/2015/03/Menawan-mountain.jpg” alt=”tips memiliki body ideal” width=”300″ height=”300″ class=”aligncenter size-full wp-image-52734″ />

Tahap pelaksaan
– Posisikan tubuh seperti gerakan push up
– Kedua tangan bertumpu pada lantai dan kaki kanan ditekuk ke depan
– Tukar posisi kaki kiri dan kanan dengan cepat sehingga kaki kanan lurus ke belakang dan kaki kiri ditekuk ke arah tubuh
– Ulangi dan lakukan selama 30 detik

3. Archer Row

tips memiliki body ideal

Tahap pelaksanaan
– Awali gerakan dengan posisi push-up, tangan kanan memegang dumbbell
– Hadap ke kanan dengan tangan kiri sebagai tumpuan
– Silangkan kaki hingga posisinya lebih lebar dari bahu
– Angkat dumbbell ke atas

4. Half Turkish Getup

tips memiliki body ideal

Tahap pelaksanaan
– Mulai dengan berbaring, tangan kanan ke arah langit-langit dengan memegang kettlebell atau dumbbell
– Tekuk lutut kaki kanan dan angkat punggung Anda
– Gunakan tangan kiri sebagai tumpuan dan posisi tangan kanan tetap memegang dumbbell ke arah atas
– Kembali ke posisi awal

5. Dumbbell hot-potato squat

tips memiliki body ideal

Tahap pelaksanaan
– Berdiri dengan posisi kaki lebih lebar, tangan kiri memegang dumbbell dengan siku menekuk ke arah atas
– Turunkan tubuh seperti posisi squat
– Naik perlahan lalu pindahkan dumbbell ke tangan kanan

6. Mogul Jump

tips memiliki body ideal

Tahap pelaksanaan
– Posisikan tubuh seperti push up namun lutut naik ke atas dan tidak menyentuh lantai
– Posisi kedua kaki merapat
– Arahkan kedua kaki ke kanan lalu pindah ke kiri

7. Kettlebell Swing

tips memiliki body ideal

Tahap pelaksanaan
– Berdiri dengan posisi kaki lebih lebar dari bahu, kedua tangan menggenggam kettlebell
– Arahkan kettlebell ke belakang melalui antara kedua kaki dengan tubuh sedikit membungkuk
– Ayunkan kettlebell ke depan hingga posisi kedua tangan lurus
– Ulangi dan lakukan selama 10 repetisi dalam 3 set.

Memiliki bentuk tubuh yang ideal sekaligus sehat bukan hanya mimpi! Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Strategi Untuk Tingkatkan Volume Betis!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes