melatih otot betis

Otot Betis Lebih Kuat dengan Calf Crusher Workout

Bagi beberapa fitnes mania mungkin lebih sering melatih otot tubuh bagian atas. Padahal, bagian bawah tubuh, terutama betis, juga perlu mendapatkan porsi. Berikut ini tiga latihan simple agar betis Anda lebih kuat.

melatih otot betis

Bagian bawah tubuh (lower body) kerap diabaikan oleh beberapa orang. Mereka lebih sering atau menetapkan porsi latihan lebih pada tubuh bagian atas (upper body). Misalnya latihan bahu, dada, bicep, tricep, dan perut. Jangan lupa, bagian bawah tubuh merupakan pondasi tubuh.

Kaki misalnya. Bagian ini merupakan bagian vital dalam tubuh Anda. Kaki mendukung Anda berdiri, berlari, atau segala hal membuat Anda lebih mudah. Dan Anda akan tampak lebih kuat apabila memiliki kaki yang kencang dan menawan. Kaki juga bergantung pada betis yang kuat. Baca juga artikel tentang Strategi Untuk Tingkatkan Volume Betis!

# Melatih Otot Betis

Betis merupakan salah satu kelompok otot yang paling sulit dilatih dan dibentuk. Bahkan, banyak atlet binaraga yang memiliki bentuk kaki dan betis yang kurang berisi. Karena itu, banyak diantara mereka yang melatih betis hingga habis-habisan karena frustasi dengan pertumbuhan otot betis yang lambat.

melatih otot betis

Salah satu kunci untuk memperkuat otot betis adalah dengan menantang betis Anda untuk melakukan latihan dengan set yang padat. Cara untuk merusak sekaligus membangun otot betis adalah dengan melakukan latihan yang berat dengan intensitas tinggi hingga batas kemampuan maksimum.

Kekuatan otot betis ada pada otot gastrocnemius, otot bagian belakang betis yang membesar. Semakin besar gastrocnemius maka betis semakin kuat. Otot ini mendukung fungsi kaki untuk mengangkat tumit, melompat, memperkuat kaki saat berjalan atau berlari. Karena itu, untuk meningkatkan kekuatan otot betis maka perlu melatih gastrocnemius lebih besar.

Meski begitu, juga perlu dukungan dari otot soleus, otot bagian bawah hingga sedikit di atas tumit. Tanpa perannya tumit tidak akan terangkat dan latihan betis tidak akan sukses. Betis yang kendur dapat dikencangkan melalui latihan beban.

#Latihan Calf Crusher

Salah satu latihan yang dapat dilakukan untuk menguatkan betis adalah dengan Calf Crusher. Pola latihan dari David Kirsch (founder New York City’s Madison Square Club) ini akan membantu Anda memiliki betis serta lower body yang kuat dan menawan. Latihan ini berisi tiga gerakan sederhana dengan metode circuit training. Lakukan masing-masing gerakan sebanyak 15 repetisi dengan istirahat 30 detik tiap latihan. Lakukan dua hingga tiga set dua kali selama seminggu diantara latihan beban dan kardio. Dengan rutin melakukan latihan ini akan membuat Anda lebih kuat, lincah, serta membantu Anda bergerak lebih efisien ketika beraktivitas.

1. Goblet Squat

Latihan ini dapat bekerja untuk otot betis, hamstring, dan glutes Anda.

melatih otot betis

Tahap pelaksanaan

– Berdiri tegak dengan tangan memegang dumbbell
– Pegang dumbbell dengan posisi lengan menekuk ke depan dada
– Kemudian lakukan squat dengan menurunkan tubuh, lutut menekuk
– Kembali ke posisi awal dan lakukan sebanyak 15 repetisi

2. Reverse Lunge to Lateral Lunge

Gerakan lunge baik ke samping dan ke belakang dapat meningkatkan otot betis, membantu tubuh lebih simetris dan mencegah ketidakseimbangan otot yang dapat menyebabkan cedera.

melatih otot betis

Tahap pelaksanaan

– Berdiri tegak, kedua lengan memegang kettlebell (sama dengan goblet squat)
– Gerakan lunge dengan kaki kanan ke belakang lalu kembali ke depan
– Kemudian kaki kanan ke samping dan lutut menekuk
– Kembali ke posisi awal dan lakukan 15 repetisi pada masing-masing sisi

3. Switch Lunge

Latihan ini membantu meningkatkan kekuatan, kelincahan, keseimbangan, tenaga, dan koordinasi. Latihan ini juga dapat meningkatkan heart rate dan membakar kalori.

melatih otot betis

Tahap pelaksanaan

– Berdiri tegak dengan lengan memegang dumbbell atau kettlebell
– Tarik kaki kanan ke belakang dengan posisi lunge
– Kaki kanan kembali ke depan dengan sedikit melompat beralih kaki kiri yang di belakang
– Lakukan sebanyak 15 repetisi pada masing-masing kaki

Jangan lupa, untuk mendapatkan informasi seputar fitnes dan kesehatan terbaru Anda dapat bergabung bersama kami dengan subscribe DuniaFitnes.com. Happy workout. (ctr)

BACA JUGA: Membentuk Otot Perut Lebih Kencang Dengan Variasi Plank

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes