performa latihan menurun

Perbedaan Sumo Squat Dengan Squat Pada Umumnya!

Latihan squat biasanya sering dilakukan oleh binaragawan, atlet angkat beban, dan para pencinta dunia olahraga secara teratur. Hal ini terjadi karena gerakan squat mampu mengaktivasi lebih dari satu otot dan sendi sehingga latihan ini diklasifikasikan sebagai latihan compound. Dan saat dimasukkan ke dalam program latihan untuk menurunkan berat badan, squat memberikan banyak efek positif terhadap ukuran dan kekuatan tubuh.

latihan sumo squat

Sumo squat atau lebih dikenal sebagai plie squat adalah salah satu variasi yang berkembang dalam latihan squat. Kenali perbedaan di antara keduanya dengan detail di bawah ini:

Posisi Kaki

Perbedaan utama antara squat biasa dengan sumo squat adalah dalam penempatan atau posisi kaki. Saat melakukan squat pada umumnya, kaki ditempatkan selebar bahu dan sedikit terpisah dan jari-jari kaki menghadap ke depan. Sedangkan saat melakukan sumo squat, kaki berada dalam posisi melebar dengan jari-jari kaki yang menghadap ke sudut.

Fokus Otot

Sumo squat dan squat pada umumnya sama-sama bekerja untuk otot pada glutes, paha depan, paha belakang, pinggul fleksor, dan betis. Namun, sumo squat lebih menekan pada otot paha bagian dalam dan glutes. Otot-otot di paha disebut adductor atau adduksi. Adduksi adalah gerakan memindahkan paha ke arah garis tengah tubuh.

Eksekusi Yang Tepat Setiap Latihan

Eksekusi atau pelaksanaan saat latihan memang-lah berbeda antara latihan yang satu dengan yang lainnya. Untuk melakukan sumo squat, berdiri dengan kaki Anda dalam posisi lebar, putar jari-jari kaki Anda dan turunkan tubuh ke bawah dengan menekuk lutut Anda. Setelah paha Anda sejajar dengan lantai, bangkit kembali dan ulangi terus.

Melakukan gerakan squat pada umumnya memang lah sama, kecuali posisi atau penempatan kaki Anda yang berbeda yaitu hanya berjarak selebar bahu. Dengan melakukan kedua latihan tersebut, Anda akan menjaga otot perut tetap kencang, menjaga punggung tetap lurus dan jangan biarkan lutut Anda bergerak melewati jari-jari kaki Anda saat Anda menurunkan posisi badan.

Ada perbedaan besar dengan bentuk latihan ini yaitu posisi kaki Anda saat melakukan sumo squat terlihat keluar ke sisi tubuh Anda. Semakin lebar Anda menempatkan kaki terpisah, maka akan semakin banyak tekanan pada paha bagian dalam dan pantat Anda. Saat melakukan squat pada umumnya, posisi kaki Anda lebih di depan tubuh.

Ketahanan

Meskipun body weight sudah cukup untuk melakukan keduanya squat ini, Anda memiliki pilihan untuk menggunakan resisten tambahan untuk meningkatkan tantangan. Cara dasar untuk meningkatkan ketahanan dalam squat adalah dengan memegang sebuah barbel di belakang kepala dan di punggung bagian atas dan bahu. Anda juga dapat memegang dumbbell di masing-masing tangan dan menjaga lengan Anda lurus di sepanjang sisi tubuh Anda. Untuk squat sumo, gunakan kedua tangan untuk memegang salah satu dumbbell di depan Anda sehingga dumbbell tersebut tergantung tepat di bawah panggul Anda.

Setelah mengetahui perbedaannya, Anda sekarang akan lebih mudah untuk memutuskan apakah Anda akan mencoba memasukkan sumo squat dalam latihan Anda, dan memutuskan apakah latihan tersebut cocok untuk tujuan latihan Anda. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Maksimalkan Latihan untuk Keuntungan Massa Otot Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes