latihan perkuat lutut

Perkuat Lutut Anda, Cedera Menjauh

Ketika sebagian besar bagian tubuh Anda nyeri, Anda dapat bersantai dan berbaring sehingga rasa sakitnya biasanya akan hilang. Sayangnya, lutut kita tidak dapat merespon hal ini dengan cepat. Bagian tubuh yang sangat aktif bergerak membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih dari kelelahan atau aktivitas lainnya dengan beberapa gerakan bantuan. Gerakan sehari-hari yang sederhana seperti berjalan menaiki tangga, membungkuk, dan berdiri meletakkan beban pada lutut Anda.

latihan perkuat lutut

Latihan rutin yang kami sajikan akan membantu memperkuat sendi lutut dan otot-otot sekitarnya. Otot yang lebih kuat akan memberikan dukungan lebih dan tidak mengalami ketegangan yang berlebihan, meskipun olahraga memungkinkan sendi untuk menjadi lebih bebas bergerak. Jauhkan kantong es dan mulailah membebaskan diri dari rasa sakit!

Peralatan yang dibutuhkan: bola latihan, matras yoga atau permukaan yang lembut, kursi, langkah atau kotak plyometric. Lakukan latihan ini dengan gerakan yang terkontrol agar benar-benar bekerja pada otot dan sendi. Istirahatlah selama 1 menit setelah setiap latihan. Jika sudah melakukan beberapa putaran, istirahatlah selama 2 menit.

Single Leg Wall Sit

latihan perkuat lutut

Posisikan diri Anda sehingga Anda berdiri dengan punggung datar menempel di dinding atau pintu padat (pastikan pintu ditutup dan tidak ada yang akan membukanya dari sisi lain). Tarik kaki kiri ke depan lurus dan tahan hingga tubuh sedikit menurun seolah-olah Anda duduk dengan satu kaki. Kaki Anda harus selebar bahu, jari-jari kaki harus lurus ke depan dan tempurung lutut harus sesuai dengan kaki Anda ketika Anda melihat ke bawah. Tahan berat tubuh pada satu kaki. Kembalilah ke posisi awal.

Hip Abduction

latihan perkuat lutut

Posisikan tubuh Anda dalam keadaan menungging. Lutut ditekuk. Kemudian angkat lutut dan kaki (dalam posisi yang sama) ke samping secara bergantian. Lakukan hingga satu set sebelum berpindah ke sisi yang berlawanan. Anda juga bisa melakukan variasinya dengan mengubah posisi tubuh berbaring miring dengan kaki lurus dan kepala bertumpu pada lengan tangan.

Standing Hamstring Curl

latihan perkuat lutut

Posisikan tubuh Anda berdiri tegak dan kaki selebar bahu. Letakkan kedua tangan di sisi pinggul Anda. Dan mulailah gerakan ini dengan menekuk lutut Anda ke belakang secara bertempo dan tambah kecepatannya secara bertahap. Bagi pemula, Anda bisa berdiri dengan memegang sebuah kursi atau barang lain untuk menjaga keseimbangan.

Alternating Step-Ups

latihan perkuat lutut

Mulailah dengan kaki kiri di tanah di belakang kotak dan kaki kanan di atas kotak (atau sebaliknya). Melompat dari kaki kanan untuk ketinggian maksimum. Posisi kaki beralih di udara. Tanah dengan kaki kanan di tanah dan kaki kiri di kotak. Melompat dari kaki kiri untuk ketinggian maksimum. Beralih kaki di udara dan tanah di posisi awal dan ulangi. Anda bisa menggunakan dumbbell dan melakukan variasi lain seperti gambar di atas.

Sumo Squat

latihan perkuat lutut

Berdiri dengan posisi kaki Anda melebar lebih dari lebar pinggul, jari-jari kaki sedikit terbuka. Pegang bola latihan di depan dada Anda. Jongkok serendah mungkin, menjaga tumit Anda di tanah dan punggung lurus. Tekan kembali ke berdiri. Itu salah satu repetisi. Lakukan hingga 15 repetisi. Anda dapat menggunakan dumbbell sebagai alternatif jika Anda tidak memiliki bola latihan.

Selamat mencoba. (mee)

BACA JUGA: 6 Kesalahan yang ‘Membunuh’ Pembentukan Otot Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes