latihan otot betis

Strategi Untuk Tingkatkan Volume Betis!

Meskipun sudah banyak gainer yang sukses meningkatkan massa otot di bagian dada atau bahu, tetapi banyak pula dari mereka yang belum berhasil meraih volume otot betis yang menawan. Hal ini terjadi karena untuk tingkat yang lebih besar dari otot-otot bagian tubuh yang lain, ukuran dan bentuk betis telah ditentukan secara genetik. Jangan khawatir, Anda masih bisa mengubahnya dengan lima pendekatan atau strategi untuk melatih betis.

latihan otot betis

STRATEGI PERTAMA| Rendah dan Tinggi

latihan otot betis

Sebuah mitos umum adalah bahwa betis terdiri dari serat otot lambat-kedutan atau slow-twitch fiber. Hal ini menyebabkan adanya dua pendekatan yang berbeda yaitu repetisi tinggi (20-25) untuk menguras kemampuan otot dan sangat bagus untuk melatih daya tahan dan repetisi rendah (8-12) untuk mengejutkan otot yang sudah terbiasa dengan latihan daya tahan. Pada kenyataannya, kedua pendekatan tersebut sudahlah benar. Meskipun betis memiliki lebih banyak slow-twitch fiber daripada serat otot cepat kedut, gastroknemius atau otot utama betis dibangun untuk daya tahan dan kekuatan, dengan jumlah yang kurang lebih sama dari serat lambat dan cepat kedut.

Jadi, dengan mengombinasi latihan dengan repetisi yang lebih rendah dan lebih tinggi akan sangat efektif. Mengganti latihan repetisi rendah dengan latihan repetisi tinggi, atau menggabungkan kedua nya.

STRATEGI KEDUA | Megarepetisi

latihan otot betis

Meskipun otot gastroknemius memiliki jumlah yang sama antara serat otot cepat dan lambat-kedutan, ada banyak bukti empiris bahwa set latihan daya tahan sangat bekerja pada betis. Pada kenyataannya, betis adalah bagian tubuh yang paling mungkin untuk dilatih dengan repetisi tinggi.

Repetisi yang sangat tinggi dapat mengirim sinyal ke otot-otot Anda untuk meningkatkan kapasitas daya tahan mereka, dan salah satu cara yang dapat dilakukan dengan ini adalah untuk mengecilkan diameter, sehingga nutrisi untuk produksi energi dapat lebih cepat melakukan perjalanan melalui sel untuk dibakar sebagai bahan bakar.

STRATEGI KETIGA | Lakukan Unilateral Training

latihan otot betis

Cobalah melatih betis dengan unilateral training atau secara sepihak. One leg calf raises akan memungkinkan Anda untuk lebih berkonsentrasi pada otot-otot. Anda lebih kuat saat melakukan latihan secara sepihak daripada menggunakan latihan bilateral. Memasukkan satu latihan unilateral dalam setiap latihan betis Anda.

STRATEGI KEEMPAT | Latihan Unik

latihan otot betis

Salah satu alasan mengapa latihan betis sering dilakukan setengah hati adalah kebosanan dalam menggunakan mesin standing dan seated calf pada setiap latihan. Jika Anda melatih di gym dengan beberapa jenis mesin atau calf machine, cobalah semuanya. Empat latihan yang unik berikut ini dapat dilakukan di hampir semua pusat kebugaran. Tambahkan satu ke rutinitas Anda saat ini, atau coba semuanya.

HACK-SQUAT CALF RAISES

latihan otot betis

Saat melakukan latihan ini, tekuk lutut sedikit saat Anda bangkit dan di bawah pada jari-jari kaki. Latihan ini lebih fokus kepada gastroknemius bagian atas.

ONE-LEG STANDING CALF RAISES

latihan otot betis

Latihan ini akan memaksa Anda untuk menyeimbangkan tubuh dengan satu kaki pada suatu waktu. Berdiri dengan satu kaki dan membiarkan kaki lainnya tertekuk. Dengan kedua tangan menggenggam dumbbell.

ROCKING CALF RAISES

latihan otot betis

Seimbangkan barbell pada bahu Anda seperti saat melakukan jongkok atau memegang dua dumbel. Sambil berdiri di lantai datar, jinjitkan jari-jari kaki Anda sejauh yang Anda bisa. Kemudian, ketika tumit turun, angkat kaki Anda dari lantai sejauh mungkin. Gerakan ini merupakan satu repetisi.

Selamat mencoba!

BACA JUGA: Bikin Bahu Belakang Lebih Kekar Dengan Variasi Latihan Ini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes