latihan bodyweight

Tak Ada Waktu Latihan? Lakukan Latihan Bodyweight!

Jika Anda sering melewatkan program latihan untuk pergi ke gym dengan berbagai alasan, maka sekarang Anda tak perlu melakukannya lagi. Karena dengan menggunakan metode Latihan Bodyweight Strength Training, Anda dapat melakukan latihan kapan saja dan di mana saja.

bodyweight-training2

Ya, semua itu hanya dapat Anda lakukan dengan latihan menggunakan metode Bodyweight Strength Training. Latihan seperti apa itu? Bodyweight Strength Training merupakan latihan dengan menggunakan berat tubuh sebagai bebannya. Jadi, Anda tak membutuhkan peralatan apapun untuk melakukannya. Dengan latihan ini Anda akan tetap mendapatkan otot, dan membuat tubuh Anda nampak lebih padat dan kencang.

Alasan 1: Latihan Tak Harus Menggunakan Peralatan

Ya, mungkin beberapa dari Anda menganggap dunia kebugaran bukan hanya menguras waktu, melainkan juga menguras lembaran rupiah Anda. Belum lagi jika Anda menggunakan jasa personal trainer, maka tiap bulan tentunya Anda akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayarnya. Hal inilah yang sering membuat Anda dan orang-orang lainnya malas untuk menggeluti dan membentuk tubuh Anda di gym. Gym memang tempat yang paling cocok untuk cepat mendapatkan tubuh berotot, namun jika Anda khawatir karena dapat mempengaruhi keuangan Anda, maka Anda salah!

Tidak selamanya membentuk tubuh kekar dan berotot hanya dilakukan di gym. Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Anda juga tak memerlukan peralatan khusus untuk melatih tubuh Anda. Bahkan jika Anda ingin, Anda juga tak perlu meninggalkan rumah untuk melakukannya.

Alasan 2: Kecilnya Risiko Cedera Saat Latihan

Meskipun selalu terdapat kemungkinan untuk mengalami cedera jika melakukan suatu gerakan dengan tidak berhati-hati, namun dengan melakukan latihan Bodyweight Strength Training, dapat memperkecil kemungkinan Anda terkena cedera. Ketika latihan dengan menggunakan metode ini, Anda hanya perlu menahan berat badan Anda sendiri dan melakukan gerakan-gerakan yang simpel dan tak banyak membutuhkan waktu lama. Anda pun juga dapat membakar lemak di seluruh tubuh Anda dan mempertahankan massa otot Anda.

Alasan 3: Semua Orang Bisa Mencoba Bodyweight Strength Training

Kebanyakan bagi mereka yang masih pemula di dunia kebugaran, sering kali minder untuk melakukan latihan di gym. Minder karena tubuhnya tidak setegap pria-pria yang sedang berlatih di gym yang sama. Belum lagi mereka harus melakukan latihan angkat beban dengan berat yang terlalu besar, justru hal tersebut akan menimbulkan cedera pada Anda yang masih pemula. Ketidaktahuan teknik latihan yang benar pada saat di gym, membuat pemula sering kali salah langkah dalam melakukan latihan.

Namun tidak ketika Anda menggunakan metode Bodyweight Strenght Training. Dengan latihan ini, pemula dapat berlatih di rumah tanpa khawatir harus melakukan gerakan-gerakan yang tidak mereka ketahui. Memang ketika menggunakan metode latihan ini, Anda hanya bisa mengandalkan berat dari tubuh maksimum untuk melatih otot-otot tubuh Anda. Berbeda halnya ketika Anda sedang melakukan latihan pada saat di gym yang Anda bisa memilih sendiri beban yang akan Anda gunakan untuk latihan. Namun bagi Anda yang disibukkan oleh waktu karena bekerja, maka metode latihan ini adalah solusi bagi Anda untuk mendapatkan tubuh yang tetap bugar dengan performa yang lebih baik.

Alasan 4: Banyak Variasi Gerakan

Dalam melakukan gerakan-gerakan Bodyweight Strength Training, kemajuan yang dibuat dengan menggunakan banyak varian gerakan membuatnya akan lebih menantang. Jadi, gerakan Bodyweight Strength Training bukan hanya sebatas memindahkan berat tubuh seperti ketika Anda menggunakan barbell atau kettlebell. Misalnya, jika Anda melakukan gerakan push-up, untuk pertama mungkin Anda bisa melakukan push up seperti pada umumnya. Namun, ketika Anda sudah bosan melakukan hal itu, Anda bisa melakukan variasi, misalnya dengan push up menggunakan satu tangan.

Alasan 5: Pererat Hubungan dan Saling Memotivasi

Alasan mengapa latihan menggunakan metode Bodyweight Strength Training ini menjadi maksimal dikarenakan antusiasme pesertanya. Bodyweight Strenght Training dapat mendukung satu sama lain untuk menyebarkan sikap positif, dan terus menerus sesama peserta saling memberikan motivasi untuk tetap menerapkan pola hidup sehat tanpa alasan sibuk dan tak ada waktu untuk latihan.

Rekomendasi Latihan Bagi Anda

Plank
plank

•Posisikan tubuh Anda persis pada gambar.
•Fokuskan berat badan Anda pada jari-jari kaki dan lengan Anda
•Pastikan tubuh Anda tetap lurus, dan bertahan pada posisi ini untuk selama yang Anda bisa.

Knee to Elbow Push Up
Knee

• Mulai dengan posisi push up biasa.
• Jaga punggung tetap lurus dan lakukan push up dengan menekan kedua tangan ke bawah.
• Ketika Anda membawa tubuh turun, angkat kaki kiri Anda masuk menuju siku Anda.
• Kembali ke posisi semula dan ulangi untuk kaki sebelah kanan.

Muscle Up
Muscle-Up

• Pegang cincin menggunakan telapak tangan.
• Memulai mengangkat tubuh Anda dengan menarik siku ke sisi Anda.
• Ketika Anda mencapai posisi teratas dari pull up, tarik cincin dan kembali pada posisi semula.

Bench Dips
Dip Bench

• Gunakan 2 bench dan letakkan sejajar.
• Duduk pada salah satu bench dan letakkan tumit pada bench yang lainnya.
• Letakkan tangan pada bench di samping badan Anda, jari-jari mengarah keluar.
• Gerakkan badan Anda ke atas dan ke bawah dan posisikan di depan bench.

Flat Bench Lying Leg Raises
Flat Bench

• Rebahkan tubuh Anda dengan nyaman pada bench.
• angkatlah kedua kaki Anda secara perlahan
• Kontraksikan otot perut Anda.

Semoga bermanfaat. (gie)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes