fitnes untuk pemula

Tips Fitnes untuk Pemula, Mencegah Overtraining

Apakah Anda masih baru memulai dan sedang semangat-semangatnya melakukan fitnes? Awas, Anda bisa mengalami overtraining. Berikut tips fitnes untuk pemula agar terhindar dari overtraining.

Jika Anda masih pemula, mungkin semangat Anda begitu menggebu-nggebu saat latihan. Bahkan Anda bisa latihan berjam-jam dengan harapan segera mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan.

Apa itu Overtraining?

fitnes untuk pemula

Overtraining merupakan istilah yang bisa diartikan dengan latihan yang berlebihan.

Overtraining terjadi ketika Anda memaksa tubuh Anda berlatih dengan keras dan kontinyu. Selain latihan yang intens dan keras, overtraining juga bisa dikarenakan masa istirahat (recovery) yang terlalu pendek atau bahkan tidak sama sekali.

Tips Fitnes untuk Pemula, Intensitas Latihan yang Tinggi

fitnes untuk pemula

Kunci utama untuk meningkatkan massa otot dan mendukung program fitnes Anda adalah berlatih dengan keras. Karena dengan latihan yang keras, otot-otot Anda akan ‘rusak’ dengan harapan berkembang lebih besar dan kuat.

Memang, jika latihan Anda terlalu ringan, misalnya dengan mengangkat beban yang terlalu ringan, maka pertumbuhan otot tidak akan maksimal.

Baca Juga: Jajal Cara Ini untuk Cegah Overtraining Ketika Latihan!

Namun, latihan yang terlalu tinggi juga dapat menekan serat-serat otot Anda sehingga membutuhkan waktu untuk beristirahat dan berkembang. Jika tidak mengambil waktu istirahat, maka tubuh Anda bisa mengalami overtraining.

Memberikan waktu istirahat untuk tubuh sangatlah penting untuk Anda. Setelah selesai latihan, otot-otot Anda akan rusak dan berkembang antara 24-48 jam setelah latihan.

Misalnya, jika Anda melatih otot dada Anda pada hari Senin, maka yang dianjurkan adalah Anda tidak melatihnya lagi sampai hari Rabu.

Meski Anda merasa sudah siap untuk latihan kembali, pada kenyataannya otot Anda baru saja berkembang. Jika dipaksa untuk menekan dan stres lagi, maka pertumbuhan otot bisa terhambat.

Tips Fitnes untuk Pemula, Istirahat Lebih Banyak

fitnes untuk pemula

Banyak yang mengatakan bahwa jika ingin tubuh lebih berotot, maka latihan harus lebih keras dan intens.

Dengan latihan yang rutin, maka akan terjadi pembentukan otot tubuh seperti yang Anda inginkan. Namun jika latihan keras tidak diimbangi dengan waktu istirahat yang cukup, maka perkembangan otot Anda juga akan terhambat.

Ini dikarenakan pada saat masa istirahat, tubuh Anda memproduksi hormon testosteron yang tentunya sangat menunjang pertumbuhan otot Anda.

Sebaliknya, jika masa recovery tubuh Anda terlalu mepet dan sedikit, maka otot Anda akan kesulitan berkembang.

Itulah sebabnya mengapa melakukan latihan yang menargetkan kelompok otot yang sama tidak dianjurkan dilakukan secara berturut-turut.

>> Cegah Overtraining dengan Suplemen Super Ini <<

Fitnes untuk Pemula, Berapa Set yang Sebaiknya Dilakukan?

fitnes untuk pemula

Yang pasti, sebaiknya lakukan latihan beban dengan cerdas agar terhindar dari overtraining. Termasuk dalam hal berapa berat beban dan set yang dapat Anda lakukan.

Lalu berapa berapa set setiap latihan yang dapat Anda lakukan?

Sebenarnya, berapa jumlah berat beban atau berapa set yang sebaiknya dilakukan tidaklah selalu sama pada tiap orang. Intinya, Anda yang lebih mengetahui berapa berat beban dan set yang mampu dilakukan oleh tubuh Anda.

Berikut jumlah set yang direkomendasikan untuk masing-masing kelompok otot:
Kaki (legs): 14-20 set
Betis (calves): 6-10 set (bisa dilakukan dua kali seminggu)
Perut (abs): 6-10 set (bisa dilakukan dua kali seminggu)
Punggung (back): 12-16 set
Bahu (shoulders): 9-12 set
Trisep: 8-10 set
Bisep: 6-9 set
Forearm: 4-8 set
Dada (chest): 12-16 set

Jumlah set di atas hanya gambaran umum bagi Anda yang bingung berapa set yang sebaiknya Anda lakukan. Namun, jumlah tersebut bervariasi setiap orang.

Beberapa kelompok otot seperti perut dan betis biasanya pulih lebih cepat daripada kelompok otot lainnya. Karena itu, otot tersebut bisa Anda latih sebanyak dua kali per minggu.

Sementara untuk berapa lama, sebaiknya tidak berlatih lebih dari 60 menit. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan tubuh Anda mulai memecah jaringan otot sebagai bahan bakar. Ini disebabkan hormon stres (kortisol) dilepas dalam kadar yang tinggi jika terlalu lama latihan beban.

Anda juga bisa simak artikel lain untuk bantu Anda cegah dari overtraining seperti pada artikel “Pulih Lebih Cepat dengan 3 Makanan Anti-Overtraining“.

Tips Fitnes untuk Pemula, Cegah Overtraining dengan Glutamine

fitnes untuk pemula

Glutamine merupakan asam amino yang paling dominand alam tubuh Anda. Nah, kadar glutamine ini sendiri akan mulai habis secara perlahan pada kondisi infeksi, operasi/ cedera, atau latihan yang melelahkan.

Glutamine ini sendiri sangat bantu percepat pemulihan tubuh Anda setelah latihan. Selain itu, glutamine juga dapat lindungi tubuh dari efek radikal bebas saat latihan yang berat sehingga bantu tingkatkan sintesis protein otot.

Banyak manfaat lain yang diberikan oleh glutamine seperti bantu tingkatkan massa otot, mencegah penyusutan otot, mengurangi rasa lelah, hingga membantu kurangi nyeri otot pasca latihan.

GLUTAMINE MURNI CEGAH ANDA DARI OVERTRAINING

  • Meningkatkan Daya Pulih Tubuh Anda
  • Meringankan Nyeri Otot Pasca Latihan
  • Meningkatkan Hormon Pertumbuhan
  • Mencegah Penyusutan Otot

Sangat efektif membantu meredakan nyeri otot tubuh Anda pasca latihan! BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes