latihan pagi hari

Usir Stres Hingga Raih Perut Sixpack di Pagi Hari

Secara umum, rutin melakukan olahraga atau dapat membuat tubuh seseorang lebih fit dan bugar. Lalu bagaimana jika latihan dilakukan pada pagi hari? Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

latihan pagi hari

Latihan bisa dilakukan siapa saja, di mana saja, kapan saja baik itu sore hari atau pagi hari. Namun, memulai hari dengan latihan saat pagi, dapat membuat seseorang lebih segar dan berenergi dalam melakoni rutinitas.

“Baik untuk memulai hari dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh, yang berarti Anda melakukan pembakaran lemak saat memulai hari,” kata Monica Nelson dari American Council on Exercise-certified.

Dengan demikian, latihan pagi juga efektif menurunkan berat badan.

#Manfaat Latihan Pagi

latihan pagi hari

Banyak manfaat lain yang didapat ketika rutin melakukan olahraga atau latihan pada hari. Berikut beberapa diantaranya.

1. Lebih Aktif
Melakukan aktivitas fisik seperti jogging, berjalan, atau berlari dapat meningkatkan produktivitas seseorang karena membuat lebih bersemangat dan fokus. Dengan demikian, stres otomatis akan berkurang dan membuat Anda lebih aktif.

2. Lebih Kreatif
Stres semakin berkurang karena seseorang lebih aktif. Selanjutnya, olahraga pada pagi hari juga dapat meningkatkan kreativitas. Hal ini dikarenakan latihan di pagi hari membuat pikiran lebih relaks.

3. Meningkatkan Mood
Selain mengusir stres, olahraga rutin di pagi hari juga dapat meningkatkan hormon kebahagiaan, endorfin. Penelitian dari University of Vermont pada tahun lalu mengatakan, olahraga selama 20 menit saja dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

4. Tidur Nyenyak
Rutin melakoni latihan saat pagi hari akan membantu Anda tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Tentu saja, hal ini akan membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain itu, rutin latihan pada pagi hari akan membuat seseorang pergi tidur dengan mudah daripada sebelumnya dan terhindar dari insomnia.

#Tip Optimalkan Latihan Pagi

Selain di atas, latihan pada pagi hari dapat memberikan beragam manfaat lain. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar latihan pagi hari lebih optimal.

– Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup pada malam hari sangat berpengaruh pada latihan di pagi harinya. Studi yang dipublikasikan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan bahwa gangguan pada tidur akan menurunkan performa atletik. Untuk itu, penting bagi seseorang memiliki istirahat yang cukup agar latihan lebih optimal.

– Cukup minum
Selama latihan, penting tubuh Anda tetap terhidrasi. Pasalnya, dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menimbulkan kram otot hingga menurunkan detak jantung karena volume darah yang rendah. So, mulailah minum 1-2 gelas air ketika bangun tidur sebelum melakukan latihan.

– Bangun lebih pagi
Bangun lebih pagi agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk latihan. Karena dengan bangun lebih pagi, Anda tidak akan tergesa-gesa ketika melakukan latihan karena mepet dengan jadwal lain seperti berangkat ke kantor atau sekolah. Jika latihan terburu-buru, bukan tidak mungkin Anda dapat mengalami cedera.

– Latihan yang terencana
Menyusun latihan dengan baik juga penting dilakukan. Atur semua detil latihan yang akan dilakoni pada malam sebelumnya.

Untuk membantu Anda DAPAT perut sixpack, Anda bisa download ebook GRATIS ini dilengkapi dengan panduan latihan dalam program fitnes Anda. Download DI SINI.

banner-DF-Ebook

#Latihan Untuk Perut Sixpack

Melakukan latihan yang simple setelah bangun tidur banyak memberikan manfaat kesehatan, termasuk mendapatkan perut sixpack seperti yang diimpikan. Tak perlu waktu lama untuk mewujudkannya, cukup 2-3 menit setelah bangun tidur dan latihan berikut akan membantu Anda mendapatkan perut sixpack.

1. Mountain Climber

latihan pagi hari

Tahap pelaksanaan:
– Posisikan tubuh seperti gerakan push up
– Kedua tangan bertumpu pada lantai dan kaki kanan ditekuk ke depan
– Tukar posisi kaki kiri dan kanan dengan cepat sehingga kaki kanan lurus ke belakang dan kaki kiri ditekuk ke arah tubuh
– Ulangi dan lakukan selama 30 detik

2. Twisted Crunch

latihan pagi hari

Tahap pelaksanaan:
– Berbaring telentang
– Telapak tangan berada di samping kepala
– Angkat tubuh ke arah lutut kanan
– Lakukan gerakan yang sama ke arah kiri secara bergantian selama 30 detik

3. Hip Raise

latihan pagi hari

Tahap pelaksanaan:
– Berbaring telentang
– Kedua tangan terbuka di samping tubuh
– Lutut di tekuk ke atas
– Angkat pinggul ke atas
– Tahan beberapa saat
– Kembali ke posisi semula
– Ulangi dan lakukan selama 30 detik

4. Side Ball Crunch

latihan pagi hari

Tahap pelaksanaan:
– Berbaring miring pada swiss ball
– Kedua tangan berada di samping kepala
– Kaki kanan berada di depan kaki kiri
– Angkat tubuh dengan kekuatan otot perut kiri
– Kembali ke posisi semula
– Ulangi untuk masing-masing sisi dan lakukan selama 30 detik

5. Spider Crawl

latihan pagi hari

Tahap pelaksanaan:
– Ambil posisi pushup
– Dorong kaki kiri ke arah bahu
– Kembali ke posisi semula
– Dorong kaki kanan ke arah bahu
– Lakukan secara bergantian dan lakukan selama 30 detik

Latihan pagi hari dapat memberikan beragam manfaat kesehatan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai kesehatan dan cara mendapatkan perut sixpack, buruan gabung dengan newsletter dari Dunia Fitnes di sini. Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: Ketahui Sebab Anda Tidak Dapat Raih Pahatan Sixpack!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes